DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN TEPUNG DARAH SEBAGAI PENGGANTI TEPUNG IKAN DALAM RANSUM UNTUK MENINGKATKAN PERTAMBAHAN BOBOT BADAN ITIK ALABIO (Anas platyrhyinchos Borneo
PENGARANG:SYARIF HIDAYATULLAH
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2018-01-10


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan berbagai konsentrasi tepung darah sebagai pengganti tepung ikan dalam ransum terhadap pertambahan bobot badan, bobot badan akhir, dan konsumsi pakan, serta konversi pakan. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat kali ulangan, dengan perlakuan yaitu ransum tanpa penambahan tepung darah (kontrol) yaitu P0, ransum dengan penambahan tepung darah 2,5 % (P1),ransum dengan penambahan tepung darah 5% (P2), ransum dengan penambahan tepung darah 7,5% (P3), dan ransum dengan penambahan tepung darah 10%(P4). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis ragam , dimana sebelumnya dilakukan uji homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung darah dengan level/dosis berbeda terhadap ransum itik Alabio berpengaruh terhadap pertambahan bobot badan, bobot badan akhir, dan konsumsi pakan serta konversi pakan. Disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat penggunaan tepung darah dalam ransum ternak itik alabio maka akan menurunkan pertambahan bobot badan, bobot badan akhir, dan konsumsi pakan, serta efesiensi pakan.
Kata kunci : itik Alabio, tepung darah,  pertambahan bobot badan, bobot badan akhir, konsumsi ransum, konversi  ransum,.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI