DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA PARAGRAF DENGAN KOMBINASI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), SCRAMBLE DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS IV SDN KUPANG REJO KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ANDREAN ADI MULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Mulia, Andrean Adi. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif dalam Menemukan Kalimat Utama Paragraf dengan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Scramble, dan Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas IV SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Scramble dan Team Games Tournament (TGT).

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam berpartisipasi pada proses pembelajaran dan penyajian materi yang membosankan sehingga kemampuan membaca intensif siswa dalam menemukan kalimat utama suatu paragraf masih rendah. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia tema Kayanya Negeriku kelas IV SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yaitu dengan kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Scramble dan Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Kupang Rejo Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  21. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik            disajikan dengan dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 14 kriteria baik, pertemuan II memperoleh skor 16 kriteria baik, dan pertemuan III memperoleh skor 18 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai 47,61% kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai 61,90% kriteria aktif, dan pertemuan III mencapai 85,71% kritria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 61,90%, pertemuan II mencapai 71,42%, dan pertemuan III mencapai 90,47%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa dengan kombinasi Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Scramble dan Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan membaca intensif dalam menemukan kalimat utama suatu paragraf.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI