DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN TELAGA BIRU 8 BANJARMASIN
PENGARANG:WAHID FADIELLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Fadiellah, Wahid. 2019. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Tema Benda-benda di sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Togetherdan Snowball Throwingpada Kelas V SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph. D

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, IPA, Inkuiri Terbimbing, Numbered Heads Together, Snowball Throwing

            Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Zat tunggal dan zat campuran. Hal ini disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang terlatih menggali informasi melauli pertanyaan, masih terpaku oleh arahan guru dalam memecahkan masalah. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Inkuiri terbimbing  Numbered Head Together dan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa tentang materi Zat tunggal dan campuran pada siswa kelas V SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting penelitian pada SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin. Subyek penelitian ini pada siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Teknik analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan sisiwa. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing Numbered Head Together dan Snowball Throwing, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran IPA di kelas V untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI