DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI), TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) , DAN COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN SN SURGI MUFTI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKIA NANDA SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

Rizkia Nanda Saputri, 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Materi Penyajian Data Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI), Teams Games Tournament (TGT), dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas V SDN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing:           Drs. H. Mahlan Asamar, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Matematika, Model Direct Instruction (DI), Model Teams Games Tournament (TGT), Model Course Review Horay.

Permasalahan pada penelitian ini proses pembelajaran  tidak berpusat kepada siswa, belum mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep ilmu, dan belum mengembangkan keterampilan proses, sehingga proses pembelajaran yang diharapkan belum dapat terpenuhi. Hal tersebut berdampak pada aktivitas dan hasil belajar anak yang tidak akan maksimal, sehingga perlu diadakan penelitian ini. Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar anak pada penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Surgi Mufti 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada akhir pertemuan III mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada akhir pertemuan III mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitf siswa pada akhir pertemuan III 90%. Afektif siswa pada akhir pertemuan III 90%. Psikomotorik siswa pada akhir pertemuan III 81%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI), Teams Games Tournament (TGT), dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar dapat menjadi alternative guru untuk memperbaiki pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI