DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MODEL MIND MAPPING, PICTURE AND PICTURE DAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN SELATAN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:SYAHRI RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Ramadhan, Syahri. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar siswa muatan IPS pada tema kayanya negeriku dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Picture and Picture dan Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas IV SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing:  Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd,I., MPd

Kata Kunci: Hasil Belajar, Muatan IPS tema kayanya negeriku, Mind Mapping, Picture and Picture dan Student Facilitator and Explaining.

            Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada tema kayanya negeriku. Hal ini disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, salah dalam memahami materi sumber daya alam yang terdapat di tema kayanya negeriku , siswa kurang berminat, siswa kurang mengkomunikasikan pembelajaran. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Mind Mapping, Picture and Picture dan Student Facilitator and Explaining.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa pada tema kayanya negeriku pada siswa kelas IV SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting penelitian adalah SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  IV yang berjumlah 19 siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Teknik analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan sisiwa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 25 (baik), meningkat menjadi 90 (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 10% (kurang aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 74% (aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 58%  pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 89% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping, Picture and picture dan Student Facilitator and Explaining, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran Matematika di kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI