DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED AND READING COMPOSITION (CIRC) KOMBINASI DENGAN COURSE REVIEW HORAY (CRH), DAN SCRAMBLE DALAM UPAYAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PADA SISWA KELAS V SDN PANGERAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:WIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Wiwi. 2019. Pelaksanaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC), Kombinasi dengan Course Review Horay (CRH), dan Scramble dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Keterampilan Menulis Laporan pada Siswa  Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar,  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd .

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC), Course Review Horay (CRH), dan Scramble.

 

            Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan menulis laporan. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang percaya diri dalam pembelajaran, rendahnya motivasi yang diberikan dan gaya belajar yang terkadang kurang menarik.Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC), Course Review Horay (CRH), dan Scramble. Deskripsi tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan menulis laporan.

            Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekan kualitatif dan kuantitatif dan setting penelitian dilakukan di SDN Pangeran 1 Banjarmasin, subjek penelitian ini adalah  siswa kelas V yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Data yang diperoleh pada penilitian ini berupada data Hasil observasil aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuannya Teknis analisis  kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan  penelitian ini adalah aktivitas guru dan siswa mencapai kategori sangat aktif dan ketuntasan belajar siswa mencapai ≥ 80% siswa mendapat nilai ≥66 .

            Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan pertama memperoleh skor 18 (Baik), pertemuan kedua skor 22 (baik), dan pada pertemuan ketiga mendapat skor kategori 25 (sangat baik). Sedangkan pada aktivitas siswa pertemuan pertama mencapai 40,9%, pertemuan kedua 77,27%, dan pada pertemuan ketiga 81,81%. Dan pada hasil belajar siswa pada pertemuan pertama 32%,  pertemuan kedua 55%, dan pada pertemuan ketiga 91%.

            Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pelaksanaan model aktivitas guru terlaksana Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC), Course Review Horay (CRH), dan Scramble berjalan dengan sangat baik dan dapat di jadikan sebagai salah satu alternatif  guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI