DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENENTUKAN KALIMAT UTAMA DAN KALIMAT PENDUKUNG TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS) DIKOMBINASIKAN DENGAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:DIANA SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


 

Diana, Saputri. 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca PemahamanDalam Menentukan Kalimat Utama Dan Kalimat Pendukung Pada Tema Kayanya Negeriku Dengan Muatan Bahasa Indonesia Melalui Model Think Pair And Share (TPS) Dikombinasikan Dengan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas IV SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing Drs. Ahmad Suriansyah, M. Pd., Ph. D.

 

 

 

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Think Pair And Share (TPS), Cooperative Integrated, Reading, and Composition(CIRC) dan Course Review Horay (CRH)

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dalam menemukan kalimat utama suatu paragraf. Rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesiatema Kayanya Negeriku kelas IV SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin. Disebabkankurangnya keaktifan siswa. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi Model Think Pair And Share (TPS), Cooperative Integrated, Reading, and Composition(CIRC), Course Review Horay (CRH) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  36. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 44,44%, pertemuanII mencapai 61,11%, pertemuan III mencapai 83,33%, dan pertemuan IV mencapai 94,44%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Think Pair And Share (TPS), Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI