DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIKOMBINASIKAN DENGAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS VB UPTD SD NEGERI 1 BENTOK DARAT KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:ROBIATUL ADAWIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

Adawiyah,  Robiatul. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dikombinasikan dengan Group Investigation (GI) dan Course Review Horay (CRH) Pada Siswa Kelas VB UPTD SD Negeri 1 Bentok Darat Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah Dasar dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs. Sutiyarso, S.Pd., M.Pd.           

Kata Kunci: Hasil  Belajar,  Volume Kubus dan Balok, Problem Based Learning (PBL),  Group Investigation (GI), Course Review Horay (CRH)

 

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kegiatan pembejalaran dengan pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan pembelajaran masih bersifat konvensional, siswa kurang terlibat secara langsung dalam pembelajaran, dan siswa kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dikombinasikan dengan Group Investigation (GI) dan Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VB UPTD SD Negeri 1 Bentok Darat.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas VB UPTD SD Negeri 1 Bentok Darat tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai skor 31-40 kriteria sangat baik, aktivitas siswa dengan jumlah persentase ≥ 80% kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥ 80%

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dikombinasikan dengan Group Investigation (GI) dan Course Review Horay (CRH) pada materi volume kubus dan balok menunjukkan aktivitas guru memperoleh kriteria baik di siklus I dan kriteria sangat baik di siklus II, pada persantase aktivitas siswa memperoleh kriteria cukup aktif di siklus I dan kriteria sangat aktif di siklus II, serta pada ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal dinyatakan belum berhasil di siklus I dan dinyatakan berhasil di siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dikombinasikan dengan Group Investigation (GI) dan Course Review Horay (CRH) pada materi volume kubus dan balok dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Disarankan bagi guru untuk menggunakan  model Problem Based Learning (PBL) dikombinasikan dengan Group Investigation (GI) dan Course Review Horay (CRH) sebagai alternatif pemecahan masalah kesulitan belajar matematika pada siswa, meningkatkan aktivitas siswa, serta meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah dasar masing-masing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI