DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL MENIRU GERAKAN BERIBADAH (BERWUDHU) DENGAN URUTAN YANG BENAR MELALUI KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK – KANAK ANGGREK DHARMA WANITA PERSATUAN ULM BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:WINDA IRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK

Iriyani, Winda. 2019.   Mengembangkan Kemampuan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Meniru Gerakan Beribadah (Berwudhu) Dengan Urutan Yang Benar Melalui Kombinasi Explicit Instruction, Model Picture And Picture Dan Model Talking Stick Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Anggrek Dharma Wanita Persatuan ULM Banjarmasin Barat, Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Dosen Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Nilai-Nilai Agama dan  Moral, Meniru Gerakan Beribadah (Berwudhu),     Explicit Instruction, Picture and Picture, Talking Stick

Latar belakang dari penelitian ini adalah sebagian besar anak masih belum mampu mengembangkan aspek nilai-nilai agama dan moral dalam meniru gerakan beribadah ( berwudhu ) dengan urutan yang benar disebabkan oleh kurangnya keterlibatan anak dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, pembelajaran yang digunakan bersifat satu arah saja, model yang digunakan juga kebanyakan ceramah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil pengembangan kemampuan nilai-nilai agama dan moral meniru gerakan beribadah berwudhu dengan urutan yang benar.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif  dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Subjek peneliti ini merupakan anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Anggrek Dharma Wanita Persatuan ULM Banjarmasin Barat yang berjumlah 12 orang anak. Jenis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan guru mencapai ≥27 dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai ≥76% dengan kriteria “Sangat Aktif” dan hasil perkembangan anak mendapat bintang  (Berkembang Sangat Baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Melalui Kombinasi Model Explicit Instruction, Model Picture And Picture Dan Model Talking Stick Meniru Gerakan Beribadah (Berwudhu) Dengan Urutan Yang Benar dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 19 meningkat menjadi 31 pada pertemuan IV dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 33% berkembang pada pertemuan IV memperoleh nilai 92% dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan pada hasil perkembangan kemampuan nilai-nilai agama dan moral anak 11 anak memperoleh bintang  (Berkembang Sangat Baik) dengan presentase 92%.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi “Dengan Melalui kombinasi Model Explicit Instruction, Model Picture And Picture Dan Model Talking Stick Meniru Gerakan Beribadah (Berwudhu) Dengan Urutan Yang Benar Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Anggrek Dharma Wanita Persatuan ULM Banjarmasin Barat” dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan aspeknilai-nilai agama dan moral meniru gerakan beribadah (berwudhu) dengan urutan yang benar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI