DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNINIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRASI DENGAN MODEL MAKE A MATCH DAN PEMBERIAN TUGAS KELOMPOK A TK AL-HAMID BANJARMASIN
PENGARANG:PURWONINGTYAS L UTAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Kata Kunci : Kognitif dalam Mengenal Lambang Bilangan,Model Demonstrasi,Make A Match, metode pemberian tugas.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil perkembangan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Hal ini disebabkan Pada saat proses pembelajaran anak kurang memahami penjelasan guru,Anak kurang aktif dalam proses pembelajaran dan Anak kurang di latih untuk mengenal lambang bilangan secara mandiri. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan kombinasi model demontrasi, model Make A Matchdan metode pemberian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan tiga kali pertemuan. Setting penelitian anak dikelompok A TK Al-Hamid Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria minimal baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria minimal aktif dan hasil 80% dan mendapat nilai ???dan bintang ????. Hasil penelitian menunjukam aktivitas guru mengalami peningkatan dalam tiga kali pertemuan dengan kriteria sangat baik. aktivitas anak meningkat pada pertemuan ke tiga dengan hasil sangat aktif dan hasil pengembangan aspek kognitif mengalami peningkatan pada pertemuan akhir.Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini guru hendaknya lebih terampil menggunakan model-model, metode dan media pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil perkembangan anak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI