DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) KOMBINASI DENGAN MIND MAPPING DAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V SDN ALALAK SELATAN 4 BANJARMASIN
PENGARANG:GARNIS KARTIKA ASRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


Kartika Asri, Garnis. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan Pkn Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Kombinasi dengan Mind Mapping dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V Sdn Alalak Selatan 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Tahun Akademik 2018/2019. Dosen Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci : Lingkungan Sahabat Kita, Group Investigation (GI), Mind Mapping, Snowball Throwing, Aktivitas Belajar

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita muatan PKn di kelas V SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin. Hal ini disebabkan pembelajaran satu arah, siswa kurang aktif dan kurang memperhatikan pelajaran serta tidak adanya interaksi antar siswa di dalam kelas. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tersebut, maka peneliti menggunakan kombinasi Model Group Investigation (GI), Mind Mapping dan Snowball Throwing dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita muatan PKn di kelas 5 SDN Alalak Selatan 4 Banjarmasin.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di kelas 5 SDN Alalak Selatan Banjarmasin yang berjumlah 39 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan butir tes untuk hasil belajar dan lembar observasi untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik dan pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup baik, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif dan pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan 1 mencapai 59%, pertemuan 2 mencapai 72%, pertemuan 3 mencapai 85% dan pertemuan 4 mencapai 92%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping, dan Snowball Throwingdapat terlaksana dengan sangat baik pada aktivitas guru, aktivitas siswa dengan sangat aktif, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Sebagai saran model tersebut dapat dijadikan alternatif dalam pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan proses kegiatan belajar dan mengajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI