DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI PENJUMLAHAN PECAHAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA MANIPULATIF KELAS VA SDN BELITUNG SELATAN 5 BANJARMASIN
PENGARANG:RESNA KURWANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-28


ABSTRAK Kurwanti, Resna. 2019.“Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Pecahan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Manipulatif Kelas VA SDN Belitung Selatan 5 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Guru Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar Banjarmasin. Pembimbing Prof.Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D Kata Kunci : Operasi Penjumlahan Pecahan, Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Manipulatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa belum berpartisipasi aktif, pembelajaran sulit dipahami dan membosankan, kurangnya motivasi, hasil belajar siswa dibawah KKM yaitu 65. Tujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model Team Assisted Individualization dan Numbered Heads Together dengan Media Manipulatif. Penelitian ini menggunakan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan pada siswa kelas VA SDN Belitung Selatan 5 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 semester 2. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Indikator keberhasilannya aktivitas guru skor 26-32 kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa kriteria “Sangat Aktif” mencapai ? 82% dari keseluruhan siswa, dan secara klasikal hasil belajar siswa dengan nilai 80 kriteria “Tuntas” mencapai ? 80% dari keseluruhan siswa dan secara rata-rata kelas mencapai ? 80. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria aktif, pertemuan II mencapai aktif, pertemuan III mencapai kritria sangat aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 3.6%, pertemuan II mencapai 42.8%, pertemuan III mencapai 64.3%,dan pertemuan IV mencapai 100%. Berdasarkan temuan ini disimpulkan bahwa kombinasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualizatio dan Numbered Heads Together dengan Media Manipulatif dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Disarankan model tersebut ini dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. ABSTRACT Kurwanti, Resna. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Pecahan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Manipulatif Kelas VA SDN Belitung Selatan 5 Banjarmasin”. A Skripsi of Elementary School Program, Lambung Mangkurat University Banjarmasin Faculty of Teacher’s Learning and Education Program Pre-School Teacher And Primary School Banjarmasin. Advis Prof.Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D. Keyword: Solving Problem of Increase of Fraction. Team Assisted Individualization (TAI) and Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Manipulatif. The problem happened in this research is students have not actively participated in the learning process, elusive learning, boring, less motivation, students learning result which is under the KKM established by the school that is 65. This study aims to determine teacher activity, increase student activity, and student learning outcomes by using a combination model of Team Assisted Individualization and Numbered Heads Together with Media Manipulatif. The genre of research is conducted a Classroom Action Research (CAR) with approach of qualitative which conduct 4 meeting times. The setting of research is students at class VA SDN Belitung Selatan 5 Banjarmasin semester 2 study year 2018/2019. Types of data used are qualitative data and quantitative data. The success indicator is the teacher's achievement score of 26-32 or the achievement of the "Very Good" criteria, the student activity reaches the "Very Active" criteria ? 82% of the total students, and classically the student learning outcomes with the added value of 80 or Being in the "complete" criteria ?80% of the total students and on average the grade ?80. The results of this research indicate that teacher activity at meeting I reached good criteria, meeting II reached good criteria, meeting III reached very good criteria, and meeting IV reached very good criteria. Student activity at meeting I reached active criteria, meeting II reached active criteria, meeting III reached very active criteria, and meeting IV reached very active criteria. Classical completeness of student learning result at meeting I reached 3.6%, meeting II reached 42.8%, meeting III reached 64.3%, and meeting IV reached 100%. Based on these findings, it can be concluded that the model combination of model of TAI and NHT with Media Manipulatif could increase student activity so that the hypothesis can be acceptable hypothesis. Suggested with the usage of the model can be used as one of the alternatives in improving student activities that have an impact on improving student learning result.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI