DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM MEMAHAMI PERATURAN DAN DISIPLIN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING DAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B TK DARUL FATHI BANJARMASIN
PENGARANG:NURSEHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


ABSTRAK

Nursehan. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak dalam Memahami Peraturan dan Disiplin Menggunakan Kombinasi Model Role Playing dan Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan”.

Pembimbing: Dr.Ririanti Rachmayanie J. S.Psi, M.Pd

Kata Kunci : Pengembangan Sosial Emosional, Memahami Peraturan dan Disiplin, Kombinasi Model Model Role Playing, dan Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan.

Penelitian dilatar belakangi pada rendahnya kemampuan anak dalam memahami peraturan dan disiplin. Disebabkan tidak adanya pengajaran dan  pembiasaan dari guru, aktivitas pembelajaran lebih banyak dilakukan dengan melaksanakan kegiatan yang ada pada buku lembar kerja anak, serta guru kurang memahami strategi pembelajaran yang digunakan dan kurang melaksanakan berbagai macam model dan metode dalam pembelajaran untuk mengenalkan anak pada peraturan sehari-hari yang mengajak anak untuk aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan pengembangan kemampuan sosial emosional anak dalam memahami peraturan dan disiplin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif merupakan data tentang observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian perkembangan sosial emosional dalam memahami peraturan dan disiplin. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Adapun tahapan yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Metode penelitian ini menggunakan kombinasi model role playing dan metode bercerita dengan media boneka tangan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru memperoleh skor 36 dengan kriteria sangat baik, (2) Aktivitas anak secara klasikal memperoleh skor 90% sangat aktif,  dan  (3)  Hasil  pengembangan  sosial emosional anak  ada  15  anak  memperoleh  bintang ≥???kriteriaberkembangsesuaiharapandanberkembangsangatbaiksecaraklasikal mencapai skor 93,75% anak berhasil berkembang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Kombinasi Model Role Playing dan Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan dapat mengembangakan kemampuan sosial emosional pada anak kelompok B TK Darul Fathi Banjarmasin dalam memahami peraturan dan disiplin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI