DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR), MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS VB SDN 3 CEMPAKA BANJARBARU
PENGARANG:NOR AZIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


ABSTRAK

 

 

Azimah, Nor. 2019.Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Muatan PPKn Materi Persatuan dan Kesatuan Menggunakan Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas VB SDN 3 Cempaka Banjarbaru. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, PPKn,Persatuan dan Kesatuan, Auditory, Intellectually, Repetition, Mind Mapping dan Course Review Horay.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pelajaran PPKn materi persatuan dan kesatuan yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa, dimana 60% siswa belum mencapai nilai 70 (KKM). Disebabkan karena kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini akan diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model Auditory, Intellectually, Repetition, Mind Mapping dan Course Review Horay guna meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Setting penelitian yakni siswa kelas VB semester genap tahun ajaran 2018/2019 di SDN 3 Cempaka Banjarbaru dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan soal-soal evaluasi belajar siswa. Cara pengumpulan data yakni dengan cara distribusi, persentase, dan deskripsi.

            Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa berhasil mencapai indikator ketuntasan yang ditentukan yakni ≥80% siswa mendapatkan nilai 70.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model Auditory, Intellectually, Repetition, Mind Mapping dan Course Review Horay pada materi persatuan dan kesatuan dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru agar hendaknya menjadikan penelitian ini sebagai alternatif dalam memilih model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas serta hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI