DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITASBELAJAR BAHASA INDONESIATEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU SUBTEMA 1MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, THINK TALK WRITEDAN TALKING STICKPADA SISWA KELAS IV SDN TERANTANG 1BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD ILHAM RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


Kata Kunci : Tema 8, Aktivitas, Model Mind Mapping, Think Talk Write,Talking Stick

Permasalahan yang selama ini menjadi kendala yaitu siswa mengalami kesulitan memahami materi menulis dimana siswa dalam kegiatan menulis kesulitan mengkomunikasikan ide ataupun gagasan ke dalam bentuk tulisan serta siswa kesulitan memilih kosakata yang tepat di dalam tulisan yang dia buat. Untuk mangatasinya dilakukan penelitian dengan menggunakan kombinasi modelMind Mapping, Think Talk Writedan Talking Stick. Dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Terantang 1 Barito Kuala dengan jumlah siswa 8 orang yaitu 3 orang laki-laki dan 5 orang perempuan pada semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Pengumpulandata menggunakan cara observasi, tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilannya apabila aktivitas guru mendapat kriteria minimal “Sangat Baik”, aktivitas siswa kriteria minimal aktif, dan hasil belajar siswa mencapai nilai ≥65 dan secara klasikal mencapai ≥80%.Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 dengan kriteria Baik menjadi kriteria Sangat Baik pada pertemuan 3. Hasil aktivitas siswa pertemuan 1 dengan kriteria Aktif, menjadi kriteria Sangat Aktif pada pertemuan 3. Ketuntasan hasil belajar siswa dari yang tidak tuntas pada pertemuan 1 menjadituntas pada pertemuan 3.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Kombinasi ModelMind Mapping, Think Talk Writedan Talking Stick, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dan strategi pembelajaran padaTema 8 Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI