DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPA MATERI PERUBAHAN ENERGI MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING, KOMBINASI SOMATIC, AUDITORY, VISUALYZATION, INTELECTUALLY (SAVI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH), KELAS IV SDN CINDAI ALUS 2 MARTAPURA
PENGARANG:REZKY AMALIA M
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


M, Rezky Amalia. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan IPA Materi Perubahan Energi menggunakan model Inkuiri Terbimbing, kombinasi Somatic, Auditory, visualyzation, intelectually (SAVI) dan Course Review Horay (CRH), kelas IV SDN Cindai Alus 2 Martapura. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd.”

 

Kata kunci: Hasil belajar, Kayanya Negeriku, Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia, Inkuiri Terbimbing, Somatic, Auditory, Visualyzation, Intelectually (SAVI), Course Review Horay (CRH)

Permasalahan siswa pada Tema Kayanya Negeriku Muatan IPA Materi Perubahan Energi di kelas IV SDN Cindai Alus 2 Martapura adalah rendahnya hasil belajar siswa, yang dikarenakan siswa kurang   inisiaf siswa menentukan solusi, sulitnya memahami konsep perubahan energi, strategi pembelajaran yang kurang  menarik. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, kombinasi Somatic, Auditory, visualyzation, intelectually (SAVI) dan Course Review Horay (CRH) dengan tujuan untuk mendeskripsikanaktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan empat pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cindai Alus 2 Martapura dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. Data dihasilkan dari lembar Observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan dengan kriteria “ sangat aktif”. Begitu pula pada hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa penelitian berhasil. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI