DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENULIS DAN MENGGALI INFORMASI DARI TEKS CERITA PETUALANGAN TENTANG LINGKUNGAN DAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN VARIASI MODEL DIRECT INSTUCTION KOMBINASI DENGAN RECIPROCAL TEACHING DAN TALKING STICK PADA MURID KELAS IV SDN SIMPANG EMPAT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SRIDA WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


ABSTRAK

Wahyuni, Srida. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Pada Keterampilan Menulis Dan Menggali Informasi Teks Cerita Petualangan Tentang Lingkungan Dan Sumber Daya Alam Menggunakan Variasi Model Direct Instuction Kombinasi Dengan Reciprocal Teaching Dan Talking Stick Pada Murid Kelas IV SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Khairil Anwar, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Direct Instruction dikombinasi dengan Reciprocal Teaching  danTalking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran masih menekankan pada konsep-konsep yang ada dalam buku, kurangnya menguasai menulis cerita pengalaman, belum memanfaatkan pendekatan kerjasama, bersifat satu arah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar dalam pelajaranBahasa Indonesia. Hal ini disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui model Direct Instruction dikombinasi dengan Reciprocal Teaching dan Talking Stick.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genapSDN Simpang Empat Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  24 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 82-100% kategori sangat baik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapatkani kriteriacukup baik mengalami peningkatan sampai pertemuan ke IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mendapatkan kriteria cukup aktif mengalami peningkatan  sampai pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mendapatkan29%, dan selalu meningkat sampai  pertemuan IV mencapai 90%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Direct Instruction dikombinasi dengan Reciprocal Teaching dan Talking Stickdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi menulis teks cerita ulang di kelas IV SDN Simpang Empat Kabupaten Banjar dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa.

 
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI