DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENIRU GERAKAN SHOLAT DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL SNOWBALL THROWING PADA ANAK KELOMPOK A TK MAYANG MAURAI KECAMATAN ANJIR MUARA BARITO KUALA
PENGARANG:RASYIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


ABSTRAK

Rasyidah, 2019. Mengembangkan Aspek Nilai Agama dan Moral dalam Meniru Gerakan Sholat dengan Menggunakan Variasi Model Explicit Instruction, Model Picture And Picture dan Model Snowball Throwing Pada Anak Kelompok A TK Mayang Maurai Kecamatan Anjir Muara Barito Kuala. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

kata kunci : Nilai Agama dan Moral. Meniru Gerakan Sholat. Variasi Model Explicit Instruction, Picture and Picturedan Model Snowball Throwing.

Masalah yang ada pada anak yakni belum mampu meniru gerakan sholat khususnya gerakan tasyahud awal dan akhir, tidak dapat menyebutkan urutan gerakan sholat dengan benar, dan tidak dapat memperagakan gerakan sholat secara acak. Hal ini terjadi akibat dari proses pembelajaran  yang cenderung kurang variatif, tidak melibatkan media pembelajaran dan tidak melibatkan semua anak. Apabila masalah ini tidak diatasi maka berakibat negatif bagi perkembangan anak dalam meniru gerakan sholat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, anak serta hasil pengembangan nilai agama dan moral anak dalam meniru gerakan sholat.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Setiap pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Adapun subjek penelitian anak kelompok A TK Mayang Maurai Kecamatan Anjir Muara Barito Kuala yang berjumlah 15 orang terdiri dari 11 perempuan dan 4 laki-laki. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif, cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif dan kuantitiatif. Analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif, skor capaian aktivitas guru31 dengan kriteria “sangat baik”, aktivitas anak mencapai persentase  76% kriteria “sangat aktif” serta hasil perkembangan NAM anak mendapatkan bintang 4 (êêêê) kriteria “berkembang sangat baik”.

Aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 23 kriteria “baik”, pertemuan 2 memperoleh skor 32 kriteria “sangat baik” dan pertemuan 3 memperoleh skor 35 kriteria “sangat baik”. Aktivitas anak pada pertemuan 1 memperoleh persentase 40% kategori “kurang aktif”, pertemuan 2 menjadi 73% kategori “aktif” dan pertemuan 3 memperoleh persentase 93% kategori “sangat aktif”. Sedangkan hasil pengembangan pada pertemuan 1 memperoleh persentase 33%, pertemuan 2 memperoleh persentase 60% dan pertemuan 3 menjadi 87% kriteria “berkembang sangat baik”.

Dengan demikian perkembangan nilai agama dan moral anak dalam meniru gerakan sholat dengan menggunakan variasi model explicit instruction, picture and picture dan snowball throwing pada anak kelompok A TK Mayang Maurai Kecamatan Anjir Muara Barito Kuala berkembang sangat baik. Maka dari itu, untuk guru disarankan variasi model explicit instruction, picture and picture dan snowball throwing dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan aspek nilai agama dan moral anak dalam meniru gerakan sholat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI