DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK DENGAN MEMILIKI LEBIH BANYAK KATA-KATA UNTUK MENGEKSPRESIKAN IDE PADA ORANG LAIN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL ROLE PLAYING, PICTURE AND PICTURE DAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA ANAK KELOMPOK B TK ARRAHMATUL ABADIYYAH BANJARMASIN
PENGARANG:HADI MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


 

ABSTRAK

 

Maulana, Hadi. 2019. “Meningkatkan keterampilan berbahasa anak dengan memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain menggunakan model Role Playing, Picture and Picture dan Media Audio-Visual pada Anak kelompok B TK Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Dosen Pembimbing Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.,I M.Pd

 

Kata Kunci : Bahasa,mengekspresikan ide pada orang lain, Model Role Playing, Picture and Picture dan Media Audio-Visual

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aspek bahasa anak dalam memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang laindikarenakan kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan, kurangnya keaktifan Anak dan pembelajaran yang kurang menyenangkan. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan dalam kemampuan aspek bahasanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan dalam aspek bahasa anak.

 Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang 4siklus dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin yang berjumlah 15 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif. Cara mengumpulkan data menggunakan kualitatif . Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan aktivitas guru mencapai ≥26 dengan kategori “sangat baik”,aktivitas anak mencapai ≥22 kategori sangat aktif, dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang êêê(Berkembang Sesuai Harapan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Role Playing, Picture and Picture dan Media Audio-Visual dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 24 meningkat menjadi skor 29 pada pertemuan 4 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 33% berkembang pada pertemuan 4 memperoleh nilai 93% dengan kriteria “Sangat Aktif”, pada hasil pencapaian perkembangan sosial emosional anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan memperoleh êêê (Berkembang Sesuai  Harapan) dengan presentasi 93%.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi Role Playing, Picture and Picture dan Media Audio-Visual dapat meningkatkan aspek perkembangan anak dalam memiliki lebih banyak kata-kata untuk mengeskpresikan ide pada orang lain pada kelompok B TK Arrahmatul Abadiyyah Banjarmasin” dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pembembangan kemampuan aspek bahasanya dalam memiliki lebih banyak kata-kata.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI