DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN PPKN MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING, CONCEPT SENTENCE DAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS IVC SDN SN SURGI MUFTI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RINI MARLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


ABSTRAK

Marliani, Rini. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Kayanya Negeriku dengan Muatan PPKn Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Concept Sentence dan Course Review Horay pada Kelas IV C SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph. D

Kata Kunci: Hasil Belajar, PPKn, Student Facilitator and Explaining, Concept Sentence dan Course Review Horay

            Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi hak dan kewajiban. Hal ini disebabkan oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, salah dalam memahami hak dan kewajiban, siswa kurang berminat, siswa kurang mengkomunikasikan pembelajaran. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining, Concept Sentence dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa tentang materi hak dan kewajiban pada siswa kelas IV C SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin.

Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan setting penelitian adalah SDN SN Surgi Mufti 1 Banjarmasin. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV C yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 17 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan. Teknik analisis data kualitatif yaitu observasi aktivitas guru dan sisiwa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif”, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai ≥80% siswa mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 31 (cukup baik), meningkat menjadi 54 (sangat baik) pada pertemuan 4, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 59% (cukup aktif) pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 95% (sangat aktif) pada pertemuan 4, serta hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 28% pada pertemuan 1 dan meningkat menjadi 100% pada pertemuan 4.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Concept Sentence dan Course Review Horay, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam strategi pembelajaran PPKn di kelas IVC untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI