DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA TEMA CITA-CITAKU MUATAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIKOMBINASIKAN DENGAN SCRAMBLE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS IV SD NEGERI MAWAR 4 BANJARMASIN
PENGARANG:AULIYA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


ABSTRAK

Rahmah, Auliya. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Tema Cita-Citaku Muatan Bahasa Indonesia Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dikombinasikan dengan Scramble dan Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas IV SD Negeri Mawar 4 Banjarmasin. Skripsi Program Studi PGSD FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Keterampilan menulis, Model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC)Dikombinasikan dengan Scramble dan Numbered Head Together (NHT).

Permasalahan penelitian ini siswa kurang paham terhadap materi, kurang kreatif menentukan kosa kata dan kurang terlibat secara aktif. Disebabkan karena pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan pembelajaran kurang menarik dan kurang melibatkan aktivitas siswa. Berdampak pada keterampilan menulis puisi siswa rendah dan berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa muatan bahasa Indonesia. Salah satu upaya meningkatkan keterampilan menulis yaitu melalui modelCIRCdikombinasikan dengan Scramble danNHT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran keterampilan menulis.

Penelitian ini dilaksanakan pada siswa  kelas IV semester genap SD Negeri Mawar 4 Banjarmasin dengan jumlah siswa 23 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan empat kali pertemuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang disajikan dengan tabel dan grafik dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 mencapai kriteria dari kurang baik hingga sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria kurang aktif hingga sangat aktif. Hasil belajar aspek kognitif siswadari pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari53,33% hingga 90,91% (klasikal).Hasil belajar aspek afektif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 46,66% hingga 86,36% (klasikal). Hasil belajar aspek psikomotorik pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 53,33 hingga 90,91% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated, Reading, and Composition (CIRC) dikombinasikan dengan Scramble dan Numbered Head Together (NHT), aktivitas guru menjadi sangat baik, aktivitas siswa menjadi sangat aktif dan hasil belajar siswa meningkat. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternatif model-model pembelajaran inovatif yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI