DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN BINCAU 2 MARTAPURA
PENGARANG:MONICA FRANSISCA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


ABSTRAK

Fransisca, Monica. 2019. “Meningkatan Hasil Belajar Membuat Pantun Dengan 

Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads 

Together (NHT) Dan Scramble Pada Siswa Kelas IV SDN Bincau 2 Martapura”. 

Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan 

Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing

Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M. Pd, Ph.D

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pantun, Mind Mapping, Numbered

Heads Together (NHT) Dan Scramble.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada 

mata pelajaran bahasa Indonesia materi membuat pantun. Hal ini disebabkan Metode 

pembelajaran yang dilaksanakan cenderung bersifat satu arah, kurangnya kerjasama 

yang terjalin saat pembelajaran berlangsung dan cenderung monoton. Pembelajaran 

diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, 

Numbered Heads Together (NHT) Dan Scramble, dengan tujuan mengetahui aktivitas 

guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 

dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing 

terdiri dari 2 siklus. Setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bincau 2 

Martapura semester 2 tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 18 orang yaitu 

terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data kualitatif diperoleh 

melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktifitas guru dengan indikator 

keberhasilan ≥82% (sangat aktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik 

pengukuran dari hasil tes akhir dengan menggunakan soal tertulis secara individu dan 

klasikal. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam 

bentuk table dan grafik yang selanjutnya diinterprestasi berdasarkan persentase. 

Indikator ketuntasan dalam penelitian ini adalah sangat baik (aktivitas guru), sangat 

aktif (aktivitas siswa) dan hasil belajar individu mencapai ≥70% dan secara klasikal 

≥80% dari siswa mencapai ketuntasan individu. Hasil penelitian membuktikan bahwa 

menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads 

Together (NHT) Dan Scramble pada materi membuat pantun pada aktivitas guru 

dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa dinyatakan 

berhasil dengan kategori sangat aktif. dan pada ketuntasan hasil belajar secara 

individu dinyatakan berhasil, dan secara klasikal juga dinyatakan berhasil.

Dengan demikian aktivitasguru mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa

dengan sangat aktif dan hasil belajar sudah memenuhi indikator keberhasilan yang 

ditetaplan. Diharapkan guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu 

alternative model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk 

membentuk siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI