DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN BINCAU 2 MARTAPURA | |
PENGARANG | : | MONICA FRANSISCA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-10-29 |
ABSTRAK
Fransisca, Monica. 2019. “Meningkatan Hasil Belajar Membuat Pantun Dengan
Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads
Together (NHT) Dan Scramble Pada Siswa Kelas IV SDN Bincau 2 Martapura”.
Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing
Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M. Pd, Ph.D
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pantun, Mind Mapping, Numbered
Heads Together (NHT) Dan Scramble.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran bahasa Indonesia materi membuat pantun. Hal ini disebabkan Metode
pembelajaran yang dilaksanakan cenderung bersifat satu arah, kurangnya kerjasama
yang terjalin saat pembelajaran berlangsung dan cenderung monoton. Pembelajaran
diperbaiki dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping,
Numbered Heads Together (NHT) Dan Scramble, dengan tujuan mengetahui aktivitas
guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus yang masing-masing
terdiri dari 2 siklus. Setting penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bincau 2
Martapura semester 2 tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 18 orang yaitu
terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data kualitatif diperoleh
melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktifitas guru dengan indikator
keberhasilan ≥82% (sangat aktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik
pengukuran dari hasil tes akhir dengan menggunakan soal tertulis secara individu dan
klasikal. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam
bentuk table dan grafik yang selanjutnya diinterprestasi berdasarkan persentase.
Indikator ketuntasan dalam penelitian ini adalah sangat baik (aktivitas guru), sangat
aktif (aktivitas siswa) dan hasil belajar individu mencapai ≥70% dan secara klasikal
≥80% dari siswa mencapai ketuntasan individu. Hasil penelitian membuktikan bahwa
menggunakan kombinasi model pembelajaran Mind Mapping, Numbered Heads
Together (NHT) Dan Scramble pada materi membuat pantun pada aktivitas guru
dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa dinyatakan
berhasil dengan kategori sangat aktif. dan pada ketuntasan hasil belajar secara
individu dinyatakan berhasil, dan secara klasikal juga dinyatakan berhasil.
Dengan demikian aktivitasguru mencapai kriteria sangat baik, aktivitas siswa
dengan sangat aktif dan hasil belajar sudah memenuhi indikator keberhasilan yang
ditetaplan. Diharapkan guru untuk menjadikan hasil penelitian ini sebagai salah satu
alternative model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk
membentuk siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI