DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN IPS MATERI PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SDN ANTASAN KECIL TIMUR 3 BANJARMASIN
PENGARANG:SOFIA MAWARDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


Mawardah, Sofia. 2019. Meningkatkan AktivitasBelajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Menggunakan Kombinasi Model Mind Mapping, Numbered Heads Together (NHT) dan Make A Matchpada Siswa Kelas IVSDNAntasan Kecil Timur 3 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat banjarmasin. Pembimbing: Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Mind Mapping, Numbered Heads Together(NHT), Make A Match.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran pada materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Hal ini disebabkan pembelajaran satu arah, model yang kurang efektif, dan pembelajaran kurang menarik, kurang menyenangkan, dan kurang bermakna. Sehingga berdampak hasil belajar siswa berada dibawah KKM yang ditetapkan yaitu 65, keterhambatan siswa untuk mengembangkan diri, dan berdampak terhadap bekal siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Untuk solusi masalah tersebut adalah menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Numbered Heads Together(NHT), dan Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, mengetahui peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan 4 kali pertemuan. Setting penelitian siswa kelas IV SDN Antasan Kecil Timur 3 Banjarmasin, dengan jumlah 31 orang. Jenis data berupa data kualitatif diperoleh dari data hasil observasi guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari data hasil evaluasi belajar siswa.Teknik analisis data berupa kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas siswa memenuhi kriteria sangat aktif serta tercapainya ketuntasan belajar individual dengan mencapai nilai ≥65 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥80% dari seluruh siswa yang memperoleh nilai ≥65.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kombinasi model Mind Mapping, Numbered Heads Together(NHT), dan Make A Match guru mencapai skor 32 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal berhasil mencapai presentase 96,8% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa berhasil mencapai ketuntasan klasikal sebesar 96,8%.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penggunaan kombinasi model Mind Mapping, Numbered Heads Together(NHT), dan Make A Match aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Sehingga disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI