DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) ) DIKOMBINASI DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN WORD SQUARE KELAS V SDN SUNGAI PANTAI 2 BARITO KUALA
PENGARANG:UMAR GANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


ABSTRAK Gani, Umar (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan PKn Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigasi (GI) di Kombinasi Dengan Numbered Head Together (NHT) dan Word Squre Kelas V SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sutiyarso, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, (GI), (NHT) dan Word Squre Kegiatan pembelajaran yang bersifat satu arah, pada saat pembelajaran baru buku dibagikan dan materi PKn yang bersifat hafalan. Masalah tersebut disebabkan karena pembelajaran yang masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional, perilaku beberapa siswa yang tidak kondusif, dan tidak menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar, aktivitas dan semangat belajar siswa rendah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada subtema 1 muatan PKn menggunakan model Pembelajarn Group Investigasi (GI) di Kombinasi Dengan Numbered Head Together (NHT) dan Word Squre di kelas V SDN Sungai Pantai 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Sungai Pantai 2 Kabupaten Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak 17 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kognitif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan LKPD secara individu. Analisis data yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Kooperatif dengan model Pembelajaran Group Investigasi (GI) di Kombinasi Dengan Numbered Head Together (NHT) dan Word Squre muatan PKn pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan kategori “sangat baik”. Pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kategori “sangat aktif”. Dan pada ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan berhasil. Saran untuk para guru di sekolah dasar agar dapat menerapkan model pembelajaran ini sebagai salah satu alternatif apabila menemukan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI