DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan pada Tema Kayanya Negeriku Dengan Kombinasi Model Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw), Make A Match dan Talking Stick Pada Kelas IV SDN Pelambuan 1 Banjarmasin
PENGARANG:ANWAR FUADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


Fuadi, Anwar. 2019. Meningkatkan Keterampilan Menulis pada Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), Make a Match, dan Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Pelambuan 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Think-Talk-Write (TTW), Make a Match, Talking Stick.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis laporan siswa dalam menemukan kalimat utama suatu paragrafh. mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesiatema Kayanya Negeriku kelas IV SDN Pelambuan 1 Banjarmasin. Disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar yaitu melalui kombinasi ModelThink-Talk-Write (TTW), Make a Match dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Pelambuan 1 Banjarmasintahun pelajaran 2018/2019, jumlah siswa sebanyak  29. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan tabulasi dan grafik            disajikan dengan         dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 34%, pertemuan II memperoleh 51%, pertemuan III memperoleh 72%, dan pertemuan IV mencapai 93%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 34%, pertemuan II mencapai 55%, pertemuan III mencapai 100%, dan pertemuan IV mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Think-Talk-Write (TTW), Make a Match dan Talking Stick. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI