DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA BALOK CUISENAIRE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG OPERASI PENJUMLAHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III C DI SLB NEGERI 2 MARTAPURA
PENGARANG:INDRY DWI AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


ABSTRAK

 

Indry Dwi Agustina. 2019. Efektifitas Penggunaan Media Balok Cuisenaire dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Operasi Penjumlahan pada Anak Tunagrahira Ringan Kelas III C di SLB Negeri 2 Martapura. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Khusus Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Pembimbing I: H. Fauzul Adhim, M.Pd ; Pembimbing II: Machmud Fauzi, M.Pd

 

Kata Kunci  :  Penjumlahan, Media Balok Cuisenaire, Anak Tunagrahita Ringan.

 

Permasalahan dari penelitian ini adalah kesulitan berhitung operasi penjumlahan 1-10 pada anak tunagrahita ringan kelas IIIC di SLB Negeri 2 Martapura. Jadi peneliti ingin melakukan penelitian menggunakan media belajar yang konkrit pada saat proses pembelajaran. Peneliti menggunakan media belajar berhitung dasar 1-10 yaitu Balok Cuisenaire. Balok cuisenaire adalah media belajar berhitung dasar 1-10 yang terdiri atas balok-balok berwarna-warni yang dapat dipindah-pindahkan. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan berhitung operasi penjumlahan 1-10 pada anak tunagrahita ringan kelas IIIC di SLB Negeri 2 Martapura.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitan ini mencari suatu persentase skor dan dilihat hasil akhirnya berdasarkan skor persentase. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dan dengan desain pre-experimental design jenis one group pre test-post test design. Teknik analisis data menggunakan analisis data kemampuan siswa, analisis data validasi ahli, dan analisis uji hipotesis. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang anak tunagrahita ringan kelas III C di SLB Negeri 2 Martapura.

Hasil penelitian ini yaitu Efektifitas Penggunaan Media Balok Cuisenaire dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung  Operasi Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IIIC di SLB Negeri 2 Martapura berhasil. Keberhasilan tersebut dilihat dari peningkatan yang dialami anak pada setiap grafik rata-rata hasil. Pada penilaian hasil akhir rata-rata pre-test seluruh siswa adalah 47,34%. Sedangkan penilaian hasil akhir rata-rata post-test seluruh siswa adalah 72,24%. Dilihat dari hasil akhir dan rata-rata seluruh siswa mengalami peningkatan sebanyak 24,9%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media balok cuisenaire efektif terhadap kemampuan berhitung operasi penjumlahan pada anak tunagrahita ringan kelas IIIC di SLB Negeri 2 Martapura.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI