DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA BUMN ASURANSI MENGGUNAKAN METODE ANALISIS RASIO KEUANGAN DAN RISK BASED CAPITAL (RBC) PERIODE TAHUN 2015 - 2017
PENGARANG:Muhammad Ilham Perdana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


                                                                   ABSTRAKSI

 

Muhammad Ilham Perdana, (2019) Analisis Kinerja Keuangan pada BUMN Asuransi Menggunakan Metode Analisis Rasio Keuangan dan Risk Based Capital (RBC) Periode Tahun 2015-2017. Pembimbing: Hamdani, SE, M.Si, AK, CA

 

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan BUMN sektor industri asuransi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah enam perusahaan asuransi dan reasuransi, yaitu PT Asuransi Jasa Indonesia, PT Asuransi Jiwasraya, PT Asuransi Jasa Raharja, PT Asuransi Kredit Indonesia, PT Reasuransi Indonesia Utama, dan PT Taspen. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis secara deskriptif.

Penelitian ini menggunakan metode analisis rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, rasio rentabilitas dan metode Risk Based Capital dalam mengukur kinerja keuangan perusahaan BUMN sektor industri asuransi berdasarkan aspek keuangan.

Hasil analisis melalui rasio keuangan menunjukkan bahwa rasio likuiditas dan rasio rentabilitas perusahaan BUMN sektor industri asuransi memiliki standar kriteria penilaian yang berbeda pada masing-masing perusahaan. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan karakteristik dan bidang asuransi yang dimiliki tiap perusahaan. Sedangkan hasil analisis Risk Based Capital menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan BUMN sektor industri asuransi sangat memuaskan. Seluruh perusahaan yang diuji berhasil mencapai target Risk Based Capital yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Kata Kunci :kinerja keuangan, aspek keuangan, likuiditas, rentabilitas, tingkat solvabilitas, risk based capital

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI