DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG HURUF MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE DEMONSTRASI, MODEL SNOWBALL THROWING DAN MODEL SCRAMBLE PADA KELOMPOK A TK TUNAS HARAPAN BANJARMASIN
PENGARANG:MAHFUZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


 

Mahfuzah. 2019. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Huruf Menggunakan Kombinasi Metode Demonstrasi, Model Snowball Throwing Dan Model Scramble Pada Kelompok A Tk Tunas Harapan Banjarmasin”.Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci:   Lambang Huruf, Metode Demonstrasi, Model Snowball Throwing,

                        Model Scramble

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman anak dalam mengenal lambang huruf pada anak kelompok A,TK Tunas Harapan Banjarmasin pada materi mengenal lambang huruf. Rendahnya Pemahaman anak ini disebabkan oleh penyampaian guru yang kurang menarik dalam dalam menjelaskan lambang huruf, kurangnya perhatian guru terhadap anak dalam mengenal lambang huruf dan pembelajaran tentang mengenal lambang huruf yang guru berikan kurang bermakna, untuk mengatasi hal tersebut maka pembelajaran melalui metode demonstrasi, model snowball throwing, model scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil capaian  perkembangan kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan tiga kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan dikelompok A TK Tunas Harapan Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan indikator keberhasilan aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteriasangat aktif,aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat baik. Hasil capaian perkembangan anak minimal 82% mendapat nilai««« dan««««.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas anak meningkat pada pertemuan 3 dengan hasil sangat aktif, aktivitas guru mengalami peningkatan dalam tiga kali pertemuan dengan kriteria sangat baik, dan hasil capaian perkembangan kemampuan anak mengalami peningkatan pada pertemuan terakhir dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode demonstrasi, model snowball throwing, model scramble dapat meningkatkan hasil aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan anak pada setiap pertemuannya. Dengan penelitian ini pula, hendaknya guru lebih terampil dalam menggunakan model-model dan media pembelajaran yang variatif, sehingga anak dapat termotivasi dalam kegiatan belajar secara keseluruhan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI