DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BERBICARA MELALUI KOMBINASI MODEL JIGSAW, SNOWBALL THROWING, DAN TIME TOKEN PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MATERI TEKS FIKSI DAN NON FIKSI MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 5C SDN SEMANGAT DALAM 3 BARITO KUALA
PENGARANG:MUNIKA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar pada siswa kelas 5C SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala menggunakan kombinasi model Jigsaw, Snowball Throwing, dan Time Token. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan melalui 2 putaran siklus, setiap siklusnyaterdapat 2 pertemuan. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus 1 pertemuan 1 memperoleh skor 31 dengan kategori baik dan pada siklus 2 pertemuan 2 mendapatkan skor 44 dengan kategori sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa terlihat pada siklus 1 pertemuan 1 yang memperoleh persentase 0% dan pada siklus 2 pertemuan 2 telah mendapat hasil 96,55%. Hasil belajar siswa pada siklus 1 di pertemuan 1 terdapat 12 orang yang tuntas dan pada siklus 2 pertemuan 2 telah terdapat 25 orang yang memperoleh ketuntasan. Sehingga dengan demikian model pembelajaran Jigsaw dikombinasikan dengan Snowball Throwing, dan Time Token mampu memberikan dampak peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI