DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN MODEL BELAJAR LIVING HISTORY TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XII IPS 2 SMAN 1 BATI-BATI
PENGARANG:Oswatun Hasanah
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-01-10


Penanaman sikap nasionalisme siswa dengan hanya mengajak siswa
menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan belum diterapkanya model belajar yang
bervariasi, membuat sikap nasionalisme siswa kurang terbentuk. Tujuan
penulisan ini adalah untuk mengetahui perbedaan sikap nasionalisme pada kelas
yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Living History dengan
yang tidak. Selain itu juga untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
signifikan penggunaan model belajar Living History terhadap sikap nasionalisme
siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XII IPS 2 SMAN 1 Bati-Bati.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode kuasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah post test control design.
Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Sampel penelitian ini
kelas XII IPS 1 adalah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan XII IPS 2 adalah 38
siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa penyebaran angket kepada siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan sikap
nasionalisme siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran living history
di kelas XII IPS 2 SMAN 1 Bati-bati dengan yang tidak. Terdapat pengaruh
penggunaan model living history dalam pembelajaran sejarah terhadap sikap
nasionalisme siswa kelas XII SMAN 1 Bati-bati.

Kata kunci:
living History, sikap nasionalisme, mata pelajaran sejarah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI