DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN PPKN MATERI KEGIATAN EKONOMI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING, TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT), DAN TIME TOKEN PADA KELAS IV C SDN SEMANGAT DALAM 3 BARITO KUALA
PENGARANG:SITI MUZALIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya partisipasi keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa, dimana siswa masih belum mampu berpikir kritis, kurang kerjasama antar siswa, dan kurangnya rasa percaya diri selama proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih bersifat konvensional dimana guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan masih bersifat satu arah. Maka, inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Solving dikombinasikan dengan Team Games Tournament (TGT), dan Time Token perlu dilakukan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVC SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ?28 (sangat baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ?80% (sangat aktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan penilaian secara individual dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar secara individu siswa mendapatkan nilai ?70 dan secara klasikal ?80% dari siswa mendapatkan nilai ketuntasan ?80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kriteria sangat aktif. Pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Problem Solving, Team Games Tournament (TGT), dan Time Token dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga hipotesis dapat diterima. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI