DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN PPKN TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN MAWAR 8 BANJARMASIN
PENGARANG:IRMA MARIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


Mariana, Irma. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Muatan PPKn Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Model Pembelajaran GI, Dikombinasikan dengan Model pembelajaran Mind Mapping dan Scramble Pada Siswa Kelas IV SDN Mawar 8 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH, M. Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Group Investigation, Mind Mapping, Scramble.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dimana siswa kurang terlibat dalam pembelajaran sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa pada Tema Kayanya negeriku. Hal ini disebabkan karena rendahnya pemahaman dan kualitas belajar siswa, materi atau konsep pelajaran dianggap sulit, pembelajaran bersifat satu arah. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping, dan Scramble.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 Pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Mawar 8 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Teknik pengambilan data menggunakan cara observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan untuk hasil belajar siswa menggunakan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 29 dengan kriteria “Cukup Baik”. Pertemuan 2 skor 32 kriteria “Baik”. Pertemuan 3 skor 38 kriteria “Sangat Baik”, dan pada pertemuan 4 menjadi 43 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 yaitu 60% kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan 2 yaitu 73% kriteria “Aktif”. Pertemuan 3 yaitu 87% kriteria “Sangat Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93%(Sangat aktif). Begitu pula pada hasil belajar siswa pada pertemuan 1 dari 54%(tidak tuntas) meningkat pada pertemuan 4 menjadi 93% (tuntas). 

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar. Adapun saran bagi guru hendaknya menerapkan kombinasi model ini pada muatan PPKn tema Kayanya Negeriku di kelas IV.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI