DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN PPKn MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), MIND MAPPING DAN WORD SQUARE DI KELAS IV SDN SUNGAI PANTAI 2 BARITO KUALA
PENGARANG:Z. MAULANA PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


Permasalahan dalam penelitian ini adalah karena siswa belum terlatih dalam menggali informasi,  siswa kurang memahami langkah-langkah pemecahan masalah tersedia dan juga kebanyakan siswa belum bisa menyusun kerangka berpikir dari pemecahan masalah sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa kelas IV SDN Sungai Pantai 2 pada pelajaran PPKn . Salah satu upaya meningkatkan Aktivitas siswa yaitu melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping dan Word Square pada penelitian tindakan kelas di SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai pantai 2 Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  18 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I kognitif 61,1%, afektif 61,1% psikomotorik 50%, pertemuan II kognitif 77,8%, afektif 72,2% psikomotorik 77,8%, pertemuan III kognitif 83,3%, afektif 77,8% psikomotorik 88,3%, dan pertemuan IV kognitif 94,4,%, afektif 88,9,% psikomotorik 88,9%

Dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Mind Mapping dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas  siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI