DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS CERITA FIKSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) SISWA KELAS 4A SDN PELAMBUAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:HUSWATUN HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-29


 

Hasanah, Huswatun 2019. Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Cerita Fiksi Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dikombinasikan dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) Siswa Kelas 4A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata Kunci : Keterampilan Membaca, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Numbered Head Together (NHT), Course Review Horay (CRH), Cerita Fiksi

                       

Permasalahan siswa kelas 4A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah siswa merasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran, kurangnya minat siswa untuk membaca, siswa terlihat membaca saja tanpa memahami isi bacaan, interaksi yang terjadi antar siswa juga kurang dalam berkelompok dan berdampak rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca teks cerita fiksi yang belum mencapai KKM ≥80. Oleh sebab itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dikombinasikan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH).

Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setting penelitian adalah siswa kelas 4A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin, dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Jenis data dan penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Analisis data secara naratif dan teknik persentase berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditentukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 24 dengan kriteria pencapaian sangat baik, secara klasikal aktivitas siswa dalam proses pembelajaran memperoleh capaian persentase 100% dengan kategori sangat aktif, serta ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dikombinasikan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca teks cerita fiksi dikelas 4A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI