DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS IV SDN ANJIR MUARA KOTA TENGAH
PENGARANG:DODY KURNIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


                                                                            ABSTRAK

Kurniawan, Dody. 2019.  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muaran IPS Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH) di Kelas IV SDN Anjir Muara Kota Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci      : Kegiatan Ekonomi, Kondisi Lingkungan, Jenis Pekerjaan, Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT) dan Course Review Horay (CRH).

 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah siswa bersifat pasif, motivasi dan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS rendah juga kurangnya penguasaan siswa terhadap muatan IPS pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan kondisi lingkungan dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan pada siswa kelas IV SDN Anjir Muara Kota Tengah yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah KKM.  Penyebab dari masalah tersebut adalah siswa kurang dilibatkan secara aktif, model dan media kurang menarik dan pembelajaran berlangsung satu arah. Solusi dalam mengatasi masalah di atas  adalah melakukan pembelajaran menggunakan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Heads Together dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi berdasarkan kondisi lingkungan dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan pada siswa kelas IV SDN Anjir Muara Kota Tengah menggunakan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Heads Together dan Course Review Horay.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Anjir Muara Kota Tengah yang berjumlah 15 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥70.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Heads Together dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Disarankan kepada guru di SDN Anjir Muara Kota Tengah hususnya pada muatan IPS untuk dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan dengan mengoptimalkan penggunaan media dan kombinasi model Problem Based Learning dengan Numbered Heads Together dan Course Review Horay.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI