DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF UNTUK MENEMUKAN INFORMASI MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), NUMBER HEAD TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK PADA KELAS IV SDN PANGERAN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:AVIATI RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang
disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan belum melibatkan siswa secara aktif.
Serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil
belajar dalam mempelajari materi Membaca Intensif Untuk Menemukan Informasi
menggunakan model Cooperative Integrated Readingand Composition (CIRC),
Number Head Together (NHT), dan Talking Stick

Berdasarkan tindakan yang telah peneliti lakukan dan didukung oleh data-data
yang telah disajikan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas aktivitas guru
menjadi skor 26 (siklus II pertemuan 2) dengan kategori sangat baik. Selain itu juga
terjadi peningkatan aktivitas siswa secara rata-rata meningkat menjadi 93,3% (siklus
II pertemuan 2) kategori sangat aktif. Senada dengan aktivitas siswa dan guru, hasil
belajar siswa pun menunjukkan peningkatan yang pada pertemuan kedua (siklus I)
ketuntasan klasikal 40% meningkat hingga mencapai 93,4% pada pembelajaran di
akhir siklus II. Hasil dari penelitian ini kegiatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan
hasil belajar dinyatakan tuntas dan berhasil dilaksanakan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada
materi membaca intensif untuk menemukan informasi menggunakan model
Cooperative Integreted Reading and Composition (CIRC), Number Head Together
(NHT), dan Talking Stick. Dapat meningkatkan aktivitas siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI