DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN PKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION, THINK PAIR AND SHARE DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN KELAYAN TIMUR 2
PENGARANG:R IZKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Rizka, 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Tema Kayanya Negeriku dengan Muatan PKn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Think Pair and Share dan Talking Stick  pada Siswa Kelas IV SDN Kelayan Timur 2. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, PKn, Group Investigation, Think Pair and Share dan Talking Stick.

 

Rendahnya aktivitas belajar siswa berdampak pada hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan karena siswa belum mampu berfikir kritis, kurang aktif, dan kurang percaya diri dalam memberikan pendapat. Sehingga banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat menggunakan kombinasi modelGroup Investigation, Think Pair And Share dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas guru, aktivtas siswa dan hasil belajar siswa.

            Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam III pertemuan  dengan subjek siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2018/2019 pada SDN Kelayan Timur 2 dengan jumlah  siswa 26 orang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah aktivitas guru pada akhir pertemuan ke III mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa pada akhir pertemuan ke III mecapai kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa pada akhir pertemuan ke III adalah 92%, afektif siswa adalah 88%, dan psikomorik siswa 96%.

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Think Pair and Share dan Talking Stick dapat memperbaiki aktivitas guru dan siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, sekolah diharapkan mempertimbangkan penggunaan  kombinasi model Group Investigation, Think Pair and Share dan TalkingStick agar dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memilih model pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Group Investigation, Think Pair and Share dan Talking Stick.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI