DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA), SCRAMBLE DAN TALKING STICK SISWA KELAS IVB SDN SEMANGAT DALAM 3 BARITO KUALA
PENGARANG:NADYA NOVERITMA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa dalam memahami bacaan yang dibaca. Akibatnya siswa tidak mampu memahami konsep materi yang diberikan, partisipasi siswa dalam proses pembelajaran yang rendah dan pembelajaran berlangsung satu arah. Hal ini yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi membosankan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi ini dengan kombinasi model pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Scramble dan Talking Stick. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, dan meningkatkan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa kelas IVB SDN Semangat Dalam 3 Barito Kuala.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Semangat Dalam Barito Kuala semester II tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 32 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi aktivitas guru dan siswa dan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dari hasil tes akhir secara tertulis secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dalam bentuk tabel dan grafik dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan kombinasi model Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Scramble dan Talking Stick melalui keterampilan membaca pemahaman pada aktivitas guru dinyatakan berhasil dengan memperoleh kategori sangat baik, aktivitas siswa dinyatakan berhasil dengan kategori sangat aktif dan ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dinyatakan berhasil serta secara klasikal juga dinyatakan berhasil.

            Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Scramble dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternative untuk meningkatkan aktivitas siswa pada peningkatan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI