DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkakan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Dengan Muatan IPA Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) , Numbered Heads Together (NHT), dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas V SDN Kertak Hanyar 1-2 Kabupaten Banjar
PENGARANG:FITRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SDN Kertak Hanyar 1-2 Kabupaten Banjar tahun pelajaran 20182019, jumlah siswa sebanyak 24 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, melalui observasi aktivitas guru dan siswa data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skla presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria cukup baik, siklus II mencapai kriteria baik, siklus III mencapai kriteria sangat baik, dan siklus IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kriteria cukup aktif, siklus II mencapai kriteria aktif, siklus III mencapai kritria sangat aktif, dan siklus IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 52,38%, siklus II mencapai 63,15%, siklus III mencapai 85,71%, dan siklus IV mencapai 92%. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), Dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI