DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN METODE PESANAN PADA PT. CHEISA MANDIRI UTAMA
PENGARANG:RIESCA MEYLIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


ABSTRAK

Riesca Meylia (2019).Penentuan Harga Pokok Produksi dengan Metode Pesanan pada PT. Cheisa Mandiri Utama. Pembimbing I: Pembimbing II:.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan harga pokok produksi menurut perusahaan yang selama ini diterapkan dan yang seharusnya dilakukan.

Jenis penelitian termasuk dalam penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan analisis dokumentasi. Sumber data yang digunakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan yang telah dibuat oleh perusahaan pada periode Januari s/d Maret 2019.

Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Penentuan harga pokok penjualan menurut perusahaan terdiri dari 3 unsur biaya, yaitu biaya bahan, biaya tenaga kerja dan biaya lain-lain. 2) Penentuan HPP yang seharusnya di dalamnya mencakup biaya bahan, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik. Dalam penelitian ini ditemukan akun yang kurang tepat dalam pengelompokannya, yaitu bumbu dapur dan aneka pelengkap dimasukkan ke dalam biaya lain-lain yang seharusnya dimasukan ke dalam biaya bahan penolong. Unsur biaya overhead pabrik biaya tetap (fixed cost) juga tidak dipertimbangkan sebagai biaya produksi. 3) Terdapat selisih perhitungan harga pokok produksi yang dibuat perusahaan dengan peneliti disebabkan perusahaan tidak mempertimbangkan biaya overhead pabrik. 4) Pelaporan laba/rugi perusahaan tidak sesuai dengan kaidah akuntansi yang berlaku umum. Penyajiannya masih diuraikan secara detail bahan yang dipakai dalam operasional yang seharusnya dapat dikelompokkan menjadi satu akun biaya bahan. Dan masih belum adanya pembentukan biaya overhead pabrik, sehingga laba yang diperoleh perusahaan lebih tinggi dari yang seharusnya dalam pelaporannya.

 

Kata Kunci: Harga pokok produksi, metode pesanan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI