DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Number Head Together (NHT) dan Word Square pada Kelas IV B SDN Pelambuan 2 Banjarmasin”.
PENGARANG:HELDA AFRILIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Afriliyana, Helda. 2019.Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Muatan IPS Tema Kayanya Negeriku dengan Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Number Head Together (NHT) dan Word Square Pada  Kelas IV B SDN Pelambuan 2 Banjarmasin.Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah DasarFakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. PembimbingDr. H. Metroyadi, SH,M.Pd.

Kata kunci:Kayanya Negriku, kombinasi model pembelajaranGroup Investigation (GI), Number Head Together (NHT) dan Word Square.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada Tema 9 Kayanya Negriku. Hal ini disebabkan karena pembelajaran bersifat satu arah, kurangnya keterlibatan siswa dalam belajar, pembelajaran kurang menarik serta bermakna bagi siswa sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya data tahun 2017/2018 yang menunjukkan bahwa dari 24 siswa ada 8 orang siswa atau 33% (Tuntas) sedangkan 16 orang siswa atau 67% (Tidak Tuntas). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa muatan IPS Tema Kayanya Negeriku di kelas IV SDN Pelambuan 2 Banjarmasin.

Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian di SDN Pelambuan 2 Banjarmasin pada kelas IV B semester II tahun ajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dengan indikator keberhasilan ≥32  (Sangat Baik) dan aktivitas siswa dengan indikator keberhasilan ≥81% (sangat aktif). Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis dan penilian secara individual dan klasikal. Analisis data dihitung berdasarkan indikator ketuntasan belajar secara individu siswa mendapat nilai  ≥70 dan secara klasikal ≥81% dari siswa mendapatkan nilai ketuntasan  ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan kategori sangat baik dan pada aktivitas siswa dinyatakan berhasil mencapai kreteria sangat aktif. Pada hasil belajar sudah berhasil mencapai indikator ketuntasan baik secara individual maupun klasikal.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penerapan modelGroup Investigation (GI), Number Head Together (NHT) dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar di Kelas IV B Pelambuan 2 Banjarmasin. Disarankan untuk guru bisa menjadikan penelitian ini sebagai pilihan alternatif untuk melaksanakan pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, dan menyenangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI