DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN IPS PADA SUB TEMA 1 TENTANG “KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA” MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI)DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)DAN COURSEREVIEWHORAY (CRH)PADA SISWA KELAS IV SDN SUNGAI GAMPA 1 BARITO KUALA
PENGARANG:IHSAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru, siswa dan hasil belajar belum memenuhi harapankarena kurangnyakeaktifan siswa, budaya berpikir kritis yang kurang, siswa kurang aktif, dan kurangnya minat membaca siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Gampa 1 pelajaran IPS. Upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu melalui model pembelajaranGIdikombinasikan dengan model CIRC dan CRHpada penelitian tindakan kelas di SDN Sungai Gampa 1 Barito Kuala. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatakan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Gampa 1 Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru telah mencapai kriteria sangat baik dan aktivitas siswa juga mendapatkan kriteria aktif dan sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sampai pada pertemuan terakhir pada ranahkognitif dan psikomotorik  telah mencapai ketuntasanyang ditetapkan baik secara individu maupun klasikal.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model GIdikombinasikan dengan CIRCdan CRH dapat meningkatkan aktivitas  siswa pada Sub tema 1 kekayaan sumber energi di Indonesia di kelas IV SDN Sungai Gampa 1 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Saran untuk para guru di sekolah dasar agar mencoba menerapkan model pembelajaran inisebagai salah satu alternatif pilihan agar belajar IPS menjadi lebih menyenangkan dan untuk meningkatkan hasil belajar secara optimal.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, IPS,GI,CIRC,CRH

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI