DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPA MELALUI KOMBINASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK DI KELAS VB SDN BERANGAS TIMUR 1
PENGARANG:ANDINI AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


ABSTRAK

 

Amelia, Andini 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPA Melalui Kombinasi Model Student Facilitator and Explaining (SFAE), Numbered Head Together (NHT),  dan Talking Stick di Kelas VB SDN Berangas Timur 1”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci:       Hasil Belajar, Student Facilitator and Explaining, Numbered Head Together, Talking Stick.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa muatan IPA tema Lingkungan Sahabat Kita menggunakan model Student Facilitator and Explaining, Numbered Head Together, dan Talking Stick di kelas VB SDN Berangas Timur 1. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa tema Lingkungan Sahabat Kita muatan IPA,penyebabnya karena pembelajaran bersifat satu arah (konvensional), pembelajaran tidak menerapkan model-model yang inovatif, dan pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan bagi siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan di SDN Berangas Timur 1 kelas VB yang berjumlah 29 siswa dengan 15 slaki-laki dan 14 perempuan. Data yang didapat berupa data kualitatif dan kuantitaif yang dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran dengan model Student Facilitator and Explaining, Numbered Head Together, dan Talking Stick muatan IPA tema Lingkungan Sahabat Kita, hasil observasi aktivitas guru telah mencapai kriteria sangat baik, hasil observasi aktivitas siswa mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil belajar siswa tuntas. Sehingga, disarankan kepada guru-guru SD agar model Student Facilitator and Explaining, Numbered Head Together, danTalking Stick dijadikan alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI