DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS ANAK DALAM MENEMPEL GAMBAR DENGAN TEPAT MENGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRASI, EXPLICIT INSTRUCTION, DAN MODEL COURSE REVIEWHORAYPADA ANAK KELOMPOK B TK JUNJUNG BUIH ALALAK BARITO KUALA
PENGARANG:NOVIA AGUS SUSANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Kata Kunci: Motorik Halus, Menempel Gambar Dengan Tepat, Model Demontrasi, Explicit Intruction, dan Model Course Review Horay.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya aspek motorik halus. Hal ini disebabkan karena anak kurang memperhatikan, anak kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan anak cepat merasa bosan dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek motorik halus dalam menempel gambar dengan tepat menggunakan kombinasi model demontrasi, explicit intruction, dan model course review horay pada anak kelompok B TK Junjung Buih Alalak Barito Kuala.Penelitian ini dilaksanakan 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah anak kelompok B TK Junjung Buih Alalak Barito Kuala dengan berjumlah 15 orang pada tahun 2018/2019. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah yaitulembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak. Indiktator keberhasilan dalam PTK ini dinytakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai kategori minimal sangat baik dengan skor 23, aktivitas anak apabila anak berada pada minimal kategori aktif atau secara klasikal minimal mencapai skor 82, dan pengembangan aspek motorik halus anak secara individual minimal memperoleh ???dan secara klasikal mencapai skor 81.Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat.Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 26 atau 93% dengan kriteria sangat baik,Aktivitas anak memperoleh nilai 93% dengan kriteria sangat aktif dan hasil capaian perkembangan motorik halus anak mencapai 87% berhasil berkembang dengan memperoleh bintang 3 (???) berkembang sesuai harapan dan bintang 4 (????) berkembang sangat baik.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Demonstrasi, Explicit Intruction, dan model Course Review Horay dapat mengembangkan kemampuan aspek motorik halus anak dalam menempel gambar dengan tepat pada kelompok B TK Junjung Buih Alalak Barito Kuala. Disarankan pada guru agar menggunakan model dan metode ini sebagai salah satu alternatif dalam upaya mengembangkan kemampuan anak khususnya pada aspek motorik halus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI