DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA KAYANYA NEGERIKU MUATAN PPKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT), DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN TATAH PEMANGKIH LAUT 2 KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NOOR LESTARI ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


ABSTRAK

 

Ulfah, Noor Lestari, 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Kayanya Negeriku Muatan PPKn Materi Hak dan Kewajiban Melalui Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Talking Stick pada Siswa Kelas IV SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Asniwati, S.Pd., M.Pd.

Kata  Kunci: Aktivitas Siswa, Kombinasi Model Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Talking Stick.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Karena siswa belum mampu berpikir kritis, terlihat pasif, hanya menunggu arahan dari guru dalam memecahkan masalah.Sehinggamengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Salah satu upaya meningkatkan aktivitas siswa yaitu melalui kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together dan Talking Stick pada penelitian tindakan kelas di SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  25 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria kurang aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pada pertemuan I mencapai 40%, pertemuan II mencapai 60%, pertemuan III mencapai 72, dan pertemuan IV mencapai 92%.

Berdasarkan temuan ini dapatdisimpulkan bahwa model Group Investigation, Numbered Head Together dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas  siswa pada Tema Kayanya Negeriku di kelas IV SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar dan hipotesis dapat diterima. Saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI