DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI KOMBINASI DENGAN MIND MAPPING DAN MAKE A MATCH DI KELAS V SDN ALALAK UTARA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD REDHO ANSYARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Ansyari, Muhammad Redho. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Dengan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Dikombinasi Dengan Mind Mapping dan Make A Match Di Kelas V SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, Make A Match, Lingkungan Sahabat Kita Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, tidak adanya variasi, kurangnya penggunaan media, kurang bermaknanya pembelajaran, kurang aktifnya peran siswa, kurangnya aktivitas siswa, kurang mampu menyampaikan pendapat atau ide, kurang bersemangat dalam belajar, dan pemahaman tentang konsep kurang kuat. Hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran muatan IPA tema lingkungan sahabat kita di kelas V SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin. Dilihat dari nilai hasil ulangan dengan KKM 70 pada tahun 2017/2018 dari 29 orang siswa hanya 12 orang atau 41,4% siswa yang mencapai ketuntasan. Untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA tema lingkungan sahabat kita pada kelas V SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin peneliti menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, dan Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan serta refleksi. Data dianalisis dari hasil observasi dan tes evaluasi belajar. Setting penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 28 orang terdiri dari 15 orang siswa orang laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktvitas guru dari pertemuan 1 sampai Pertemuan 4 meningkat dari skor: 23 dengan kriteria baik pada pertemuan 1, mencapai 25 dengan kriteria baik pada pertemuan 2, mencapai 28 dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 3 dan 30 dengan kategori sangat baik pada pertemuan 4. Aktivitas siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 meningkat dari 57,7% pada pertemuan 1, meningkat pada pertemuan 2 mencapai 72,7%, meningkat pada pertemuan 3 mencapai 84,0% dan meningkat pada pertemuan 4 mencapai 88,5% (klasikal). Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 61,5%, meningkat pada pertemuan 2 mencapai 77,3%, pertemuan 3 mencapai 84,0%, dan pertemuan 4 mencapai 92,3%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran muatan IPA tema lingkungan sahabat kita dengan menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Mind Mapping, dan Make A Match dapat meningkatkan dari segi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada kelas V SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin. Disarankan kepada guru agar dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI