DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar Tema peristiwa dalam kehidupan menggunakan kombinasi model pembelajaran inkiuri terbimbing, numbere head together (NHT) dan snowball throwing pada sisa kelas V SDN Tatah Pemangkih Laut 2 kecamatan kertak hanyar
PENGARANG:MEGAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I pertemuan 1, siklus I pertemuan 2 dan siklus II pertemuan 1. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa, data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skla presentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mencapai kriteria baik, siklus I pertemuan 2 mencapai kriteria baik dan siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria minimal baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai keriteria aktif, siklus I pertemuan 2 mencapai kriteria sangat aktif dan siklus II pertemuan 1 mencapai kriteria sangat aktif . Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 mencapai 73,68%, siklus I pertemuan 2 mencapai 89,47% dan siklus II pertemuan 1 mencapai 94,73%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkiuri Terbimbing, Numbered Head Together (NHT) dan Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan di kelas V SDN Tatah Pemangkih Laut 2 Kecamatan Kertak Hanyar, saran bagi guru sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI