DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 BENDA-BENDA DISEKITAR KITA MUATAN IPA MELALUI KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS 5 SDN BERANGAS TIMUR 2 BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD RIDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas 5 SDN Berangas Timur 2 Barito Kuala pada tema benda-benda di sekitar kita. Hal ini disebabkan karena pada saat proses pembelajaran siswa kurang berpartisipasi aktif sehingga sulit untuk membuat pembelajaran menjadi bermakna, model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran masih kurang mampu membuat siswa mudah dan cepat untuk memahami dan mengonsep materi yang dipelajari, dan pembelajaran kurang membuat siswa lebih giat dan siap dalam belajar. Permasalahan inilah yang mengakibatkan hasil belajar siswa berada di bawah KKM yang telah ditetapkan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti tertarik menggunakan kombinasi model Group Investigation (GI), Mind Mapping, dan Talking Stick dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada materi zat tunggal dan campuran.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setting penelitian adalah kelas 5 SDN Berangas Timur 2 Barito Kuala tahun 2018/2019, dengan jumlah 11 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru yaitu pada skor 26-32 berada pada kategori sangat baik, aktivitas siswa berada pada persentasi 82% dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar mencapai 81%.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus II pertemuan 2 mendapat kategori sanagat baik dengan skor 31. Aktivitas siswa siklus II pertemuan 2 mendapat kategori sangat aktif dengan persentase 92,6%. Hasil belajar siswa siklus II pertemuan 2 yaitu mencapai 100%.
Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan kombinasi model Group Investigation (GI), Mind Mapping, dan Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi zat tunggal dan campuran dan hipotesis diterima. Disarankan penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi zat tunggal dan campuran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI