DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan aspek kognitif anak dalam mengenal bilangan dengan lambang bilangan menggunakan kombinasi Model Take And Give dengan Model Make a Match dan Model Numbered Head Together pada anak kelompok A TK. TUNAS HARAPAN BARU Banjarmasin
PENGARANG:WIAN MUTIARA GI LARASATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek kognitif anak terutama capaian pengembangan mengenal bilangan dan lambang bilangan masih belum berkembang. Hal ini dikarenakan anak kurang memperhatikan guru saat guru menjelaskan mengenai pengenalan bilangan, anak kurang dalam daya ingatannya saat pembelajaran,  anak masih ragu dalam mengungkapkan kemampuammya dalam mengenal bilangan dengan lambang bilangan. Apabila permasalahan ini tidak di pecahkan dampaknya anak mengalami kesulitan dalam mengenal bilangan dengan lambang bilangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan capaian perkembangan dalam mengenal bilangan dengan lambang bilangan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Tunas Harapan Baru Banjarmasin yang berjumlah 10 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak perempuan dan 4 orang anak laki-laki. Objek penelitian ini adalah pengembangan aspek kognitif dalam mengenal bilangan dengan lambang bilangan lambang. Analisis data  secara deskriptif kualitatif dengan aktivitas guru mencapai  ≥25  dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak secara klasikal dengan skor ≥76% dengan kategori “sangat aktif” dan hasil pengembangan kognitif anak minimal mendapat bintang (((( (Berkembang Sangat Baik).

Hasil penelitian menunjukan bahwa kombinasi model Take and Give, Make A Match dan Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 18 meningkat menjadi skor 28 pada pertemuan IV dengan kriteria “sangat baik”.aktivitas anak memperoleh 30% berkembang pada pertemuan IV memperoleh nilai 90% dengan kriteria “sangat aktif”. Dan pada hasil pencapaian perkembangan kognitif mengenal bilangan dengan lambang bilangan 10 anak memperoleh bintang (((( (Berkembang Sangat Baik). Dengan presentase 90%.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa Hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan kombinasi model Take and Give, Make a Match dan Numbered Head Together pada anak kelompok A TK Tunas Harapan Baru Banjarmasin” dapat di terima dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan aspek kognitif dalam mengenal bilangan dengan lambang bilangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI