DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), MIND MAPPING, DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS V SDN KARANG DUKUH KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:KHALISYAH LISTIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-10-30


Listiani, Khalisyah. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Tema Lingkungan Sahabat Kita Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation (GI), Mind Mapping, dan Course Review Horay Pada Siswa Kelas V SDN Karang Dukuh Kabupaten Barito Kuala. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Drs. H. Kaspul, M.Si

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Tema Lingkungan Sahabat Kita,Group  Investigation,Mind Mapping,dan Course Review Horay.

 

Penelitian dilakukan karena aktivitas siswa pada tema lingkungan sahabat kita muatan IPA masih rendah. Hal ini disebabkan siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa kurang mampu berpikir kritis, siswa kesulitan mengingat materi pembelajaran, serta siswa tidak semangat dan bosan dalam belajar. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping, dan Course Review Horay (CRH). Tujuannya untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini dilakukan di SDN Karang Dukuh pada siswa jekas V tahun pelajaran 2018/2019 dengan berjumlah 23 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif berupa hasil belajar siswa.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 26 dengan kategori aktif dan mengalami perbaikan pada siklus II pertemuan 2 menjadi 35 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I pertemuan 1 pemberoleh 52,17% dengan kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat menjadi 91,3% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Begitu juga hasil belajar siswa yang meningkat dari 56,52% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 91,3% pada siklus II pertemuan 2.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Mind Mapping, dan Course Review Horay (CRH) pada tema lingkungan sahabat kita muatan IPA dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar di kelas V SDN Karang Dukuh. Disarankan dalam melaksanakan pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dipelajari dan didukung aktivitas guru dengan baik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran didalam kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI